post-image

Bedanya Lompat dan Loncat

KOMPAS.com - Dalam olahraga fisik, aktivitas melompat dan meloncat sering dilakukan. Keduanya terkesan mirip karena sama-sama menghentakkan tubuh ke atas. Namun, sebenarnya melompat dan meloncat memiliki perbedaan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lompat adalah gerakan yang dilakukan untuk menjauhi permukaan tanah atau lantai, dilakukan secara horizontal, ke depan, ke samping atau ke belakang dan menggunakan otot kaki dalam melakukannya.

Sedangkan pengertian loncat dalam KBBI adalah gerakan yang dilakukan untuk menjauhi permukaan tanah atau lantai, dilakukan secara vertikal atau ke atas yang menggunakan otot kaki dalam melakukannya.

Jika melihat definisi dari KBBI, maka perbedaan lompat dan loncat bisa disimpulkan dari arah menjauhi permukaan tanah atau lantainya. Lompat dilakukan secara horizontal sedangkan loncat dilakukan secara vertikal.

Selain perbedaan tersebut, lompat dan loncat juga memiliki perbedaan lainnya. Apa sajakah itu?

Tumpuan kaki

Menurut Tim Guru Eduka dalam Buku 99% Sukses Ulangan Harian SD Kelas 4 (2010), melompat dan meloncat memiliki perbedaan dalam penggunaan tumpuan kaki untuk mendorong tubuh.

Saat melompat, tubuh hanya bertumpu pada satu kaki saja. Hal ini berarti jika saat melompat, hanya satu kaki saja yang dijadikan tumpuan untuk menolakkan kaki atau mendorong tubuh.

Sehingga gerakan yang dihasilkan berupa gerakan tubuh ke depan. Contoh olahraga yang menggunakan teknik melompat adalah olahraga atletik lompat tinggi, lompat jauh dan lompat galah.

Sedangkan untuk meloncat, tubuh bertumpu pada kedua kaki. Hal ini berarti kedua kaki dijadikan tumpuan untuk menolakkan kaki atau mendorong tubuh.

Hasil dari gerakan meloncat ialah tubuh terdorong secara vertikal ke atas. Contoh olahraga yang menggunakan teknik meloncat ialah permainan loncat tangga, loncat bola dan loncat indah yang merupakan bagian dari cabang olahraga renang.

Posisi tangan

Dalam Buku 99% Sukses Ulangan Harian SD Kelas 2 (2010) karya Tim Guru Eduka, disebutkan jika posisi tangan pada saat melompat dan meloncat berbeda.

Biasanya pada saat melompat, posisi kedua tangan ditekuk ke samping tubuh. Salah satu tujuannya untuk menjaga keseimbangan tubuh saat melompat.

Sedangkan saat meloncat, biasanya posisi kedua tangan akan diluruskan dan berada di samping paha. Contohnya saat melakukan loncat indah.

Namun, posisi tangan dalam melompat dan meloncat tentunya harus disesuaikan dengan aturan dalam cabang olahraganya. Tidak bisa disamaratakan jika posisi tangan saat melompat dan meloncat selalu seperti itu. Contohnya pada saat melakukan lompat galah, tangan atlet tidak ditekuk ke samping. Namun, membawa galah dengan posisi tangan yang telah ditentukan.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bedanya Lompat dan Loncat", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2021/02/19/151952369/bedanya-lompat-dan-loncat?page=2
Penulis : Vanya Karunia Mulia Putri 
Editor : Nibras Nada Nailufar

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L